F1 News

My BlogCatalog BlogRank

ASI Perkecil Resiko Kanker Payudara

SAN FRANSISCO - Tim ilmuwan Amerika Serikat (AS) menemukan perempuan dewasa yang mendapatkan ASI (air susu ibu) ketika masih bayi memiliki risiko serangan kanker payudara 17 persen lebih rendah daripada perempuan dewasa yang tidak pernah mendapatkan ASI ketika masih bayi.

"Namun, kami belum mengetahui dampak ASI terhadap perempuan yang lahir sebagai anak pertama. Perbedaan pengaruh ASI mungkin ada karena perbedaan kandungan ASI yang diterima anak pertama," ujar ketua tim peneliti, Hazel B Nichols, ilmuwan University of Wisconsin, AS.

Nichols dan rekan-rekan melakukan penelitian terhadap 2.016 perempuan berusia 20 tahun hingga 69 tahun yang mengidap kanker payudara dan 1.960 perempuan berusia 20 tahun hingga 69 tahun yang tidak mengidap kanker payudara.

Nichols menuturkan, hasil penelitian ini hendaknya mendorong para ibu untuk memberikan ASI kepada bayi mereka. Sebab, ASI ternyata tidak hanya mampu memangkas risiko kanker payudara kepada ibu tetapi juga kepada anak-anak perempuan mereka, kelak ketika dewasa.

Nichols menemukan, usia ibu tidak berpengaruh dalam kasus ini. Artinya, berapa pun usia ibu ketika menyusui bayi perempuan, bayi perempuan itu kelak ketika tumbuh dewasa akan tetap mengalami penurunan risiko serangan kanker payudara. Nichols dan rekan-rekan berencana melanjutkan penelitian terhadap para perempuan yang terlahir sebagai anak pertama.

Nichols menduga, para perempuan yang lahir sebagai anak pertama memiliki risiko lebih besar terserang kanker payudara ketika dewasa. "Kami juga akan meneliti pengaruh kontaminasi lingkungan terhadap kemanjuran ASI dalam mencegah kanker payudara. Kami menduga, pencemaran lingkungan dapat merusak kandungan ASI para ibu di dunia," ujar Nichols.



Related Posts by Categories



 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com