F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Obat Lumpuh Selangkah Lagi Ditemukan


CHICAGO - Sekelompok monyet berhasil mendapatkan kembali fungsi motorik pergelangan tangan manusia yang mengalami kelumpuhan. Keberhasilan para monyet ini tidak terlepas dari eksperimen para ilmuwan yang coba mengembalikan fungsi motorik tersebut.

Para ilmuwan asal Amerika Serikat mencoba melakukan eksperimen dengan menggunakan perangkat komputer, yaitu dengan cara mengirimkan sinyal ke otak agar dapat direspon sehingga dapat menggerakan bagian badan yang lumpuh.

"Uji coba ini untuk membuktikan bahwa teknologi dapat melakukan sesuatu hal yang tidak mustahil," ujar Chet Mortiz, Ilmuwan asal Universitas Washington di Seatle.

Sistem ini dimulai dari mengirimkan sinyal ke otak untuk menjangkau otot yang lumpuh. Sehingga otot yang cedera tersebut dapat bergerak secara natural. Tapi, tim ini mengalami kesulitan mengembangkan sistem yang kompleks ini karena sinyal untuk otak tersebut terkadang tidak terlihat oleh sistem komputer.

Nantinya penemuan ini mampu memelopori pengobatan bagi orang-orang yang lumpuh karena berbagai hal. Demikian yang dilansir dari AFP, Kamis (16/10/2008).

"Sang monyet yang sudah sembuh tersebut, ditugaskan untuk melakukan kegiatan yang simple. Seperti bermain video game." tambah Mortiz lagi.

Dari demonstrasi yang dipaparkan, hanya satu neuron dibutuhkan untuk mengontrol gerakan. Dan berbagai sel di lapisan motor dapat dilatih untuk menggunakan sistem.

Akan tetapi sistem yang mampu mengobati kelumpuhan dari leher ke bawah pada monyet ini, baru dapat digunakan dalam pengobatan medis bagi manusia untuk beberapa dekade ke depan. Karena masih harus ada beberapa hal yang perlu diteliti kembali. Apalagi, sistem syaraf manusia jauh lebih rumit daripada monyet.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com