F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Lubang Baru di Satelit Mars


NEW YORK - Dalam sebuah observasi terbaru terhadap Phobos, satellit alami yang dimiliki oleh planet Mars tersebut telah menampakan objek baru seperti gundukan puing pada salah satu sisi bagian dari badan Phobos itu.

Phobos yang merupakan salah satu bulan yang terdekat dengan planet merah tersebut, menampakkan� gundukan puing yang sebelumnya tidak ada. Para peneliti sendiri belum bisa memastikan dari mana material itu berasal.


Saat ini para peneliti tengah menghitung seberapa besar gundukan tersebut. Data-data terbaru itu didapat dari Badan Antariksa Eropa yang mengirimkan pesawat Mars Ekspress, yang memang ditugaskan untuk melihat lebih dekat dengan planet yang diambil dari nama dewa perang legenda Yunani tersebut.

Pesawat penjelajah Mars Ekspress sendiri mengirimkan foto terbaru di Planet Mars dengan model 3 Dimensi, dan tingkat resolusi yang sangat tinggi, jadi penampakan tersebut bisa sangat jelas terlihat.

Tim lain melakukan penelitian dengan menggunakan sinyal radio dari geladak di ruang angkasa untuk menyertakan gravitasi Phobos, untuk menghitung massa objek dengan tepat. Berat objek itu sendiri adalah 1.072.101.6 Kilogram, atau lebih ringan 5 kali lipat dari Bumi.

"Suatu hari nanti kami bisa menghitung massa tersebut dengan tepat melalui frekuensi sinyal radio tadi," ujar Pascal Rossenblatt dari Royal Observator Belgia, salah satu anggota tim sains Mars Express.

Informasi massa dan volume yang tepat dapat membuat penelitian tersebut mengukur kepadatan Phobos dengan benar. Para peneliti melihat Phobos tidak menjadi kumpulan yang solid, sebab ada semacam gua besar disana.

Seperti yang diberitakan dari Space.com, Jumat (17/10/2008), sebelumnya diketahui, kepadatan Phobos adalah, 1.85 gram per kubik sentimeter. Dan faktanya, kepadatan ini didapat dari asteroid yang melewati Phobos, dan material dari asteroid tersebut yang memungkinkan gundukan puing itu terjadi.

Peneliti dari Amerika memang sedang mencari keberadaan air, yang ada di Planet Mars, karena jika memang betul ditemukan, suatu saat nanti Bumi sudah penuh sesak, maka akan dicarikan cara bagaimana mengirim manusia ke Planet Mars tersebut.

Phobos sendiri merupakan bulan kedua yang dimiliki oleh Mars, tidak seperti bulan pada umumnya yang bundar, Phobos sendiri berbentuk lonjong yang tidak simetris. Selain itu pada tampilan gambar bulan tersebut, banyak kawah yang menyebabkan Phobos tampak 'berjerawat' dari kejauhan. Dan lubang terbesar di Mars ini bernama Stickey dengan diameter 10 Km.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com