F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Sapi Rekayasa Genetik Hasilkan Susu Lebih Banyak



BUENOS AIRES - Kebutuhan susu di Argentina ternyata mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Tapi sayangnya ini tidak diimbangi dengan produksi susu yang dapat memenuhi kebutuhan warga. Salah satu sebabnya sapi di Argentina tidak bisa memproduksi susu yang lebih banyak. Para ilmuwan pun mencoba melakukan rekayasa genetik agar susu yang dihasilkan oleh sapi dapat lebih banyak lagi.

Para ilmuwan di Argentina mencoba mengembangkan eksperimen dengan meng-kloning hormon dan merekayasa gentik pada sapi, sehingga produksi yang dihasilkan susu di Argentina dapat lebih banyak dari sebelumnya, dengan begitu produksi susu akan memenuhi kebutuhan nasional. Sapi-sapi itu nantinya akan ditambahkan pada tubuhnya hormon bovine somatotropin, hormon yang dimana dapat meningkat produksi susu hingga 20 persen. Oleh para ilmuwan sendiri hormon bovine somatotropin mereka sebut rbST.

"Produksi susu sapi normalnya 5,3 galon atau sekira 20 liter per hari. Dengan dimeningkatkan hormon bovine somatotropin setidaknya produksi akan bertambah 6 galon, setara 25 liter per hari," ungkap Andres Bercovich Kepala Riset dan Pengembangan di Firma Bioteknologi Bio Sidus.

"Tapi yang mesti diingat, hormon ini hanya bisa digunakan oleh binatang saja," tambahnya kepada Reuters, Kamis (6/11/2008).

Perusahaan Bio Sidus memulai eksperimen ini sejak tahun 2002, eksperimen mereka menfokuskan diri pada pengembangan hormom untuk meningkatkan produksi susu. Hormon bovine somatotropin sendiri diambil dari susu sapi. Setelah melalui beberapa tahap produksi, muncullah bakteri yang disimpan dalam sebuah tempat khusus dalam jangka waktu tertentu agar hormon bovine somatotropin baru dapat diproduksi.

Bio Sidus kini mempunyai basis di negara-negara Amerika, seperti AS, Brazil, Meksiko, dan Peru. Meskipun sapi hasil berhasil diciptakan, namun sapi hasil rekayasa tersebut tidak dijual bebas di Argentina.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com