F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Di Afrika, Gading Gajah Legal Diperjualbelikan


WINDHOEK - Populasi gajah di dunia memang mengkhawatirkan saat ini. Banyak gajah yang mati karena diburu gadingnya untuk digunakan sebagai kerajinan tangan. Sudah banyak organisasi pencinta lingkungan yang menolak keras perburuan dan penjualan gading gajah ini secara besar-besaran.

Akan tetapi di daerah Afrika bagian Selatan justru melakukan perdagangan gading gajah tersebut secara terang-terangan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan transaksi penjualan gading illegal. Empat negara di daerah Afrika bagian Selatan yang tergabung dalam CITES, sebuah organisasi yang mengatur regulasi penjualan berbagai macam binatang.

Saat ini terdapat 108 gading gajah yang siap dijual oleh CITES kepada dua negara besar di asia, yaitu China dan Jepang. Gading gajah tersebut berasal dari Namibia, setelah itu dibawa ke Botswana, lalu Zimbabwe, sebelum akhirnya dijual melalui negara Afrika Selatan.

Pangsa pasar Jepang dan China bagi penjualan gading tersebut memang sangat besar, hasil gading tersebut banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau stempel tradisional yang biasa digunakan keluarga di Jepang.

CITES yang mengakomodir perdagangan ini, tentu akan memperhatikan dengan seksama melalui perjanjian yang ketat. Sehingga tidak disalahgunakan.

Dalam laporan AFP, Selasa (28/10/2008), program yang dilakukan oleh CITES itu mendapat dukungang dari beberapa kalangan pencinta hewan sebagai pencegahan transaksi illegal. Mereka juga mengungkapkan pula bahwa China sebelumnya telah melakukan banyak pencurian gading.

"China beberapa tahun belakangan ini telah merampas banyak gading. Ketatnya sistem regulasi, menyediakan jalan keluar bagi perdagangan tidak sah ini," ujar Michael Wamithi, Kepala progam pelestarian Gajah di organisasi internasional perlindungan hewan.

Baik organisasi pencinta hewan maupun CITES berharap sama-sama bisa menjaga dengan ketat penjualan gading illegal dari negara mereka. Mereka yakin, dengan mengakomodir perdagangan ini, mereka bisa menekan populasi gajah yang mati karena diburu. Jumlah gajah yang hidup pun nantinya akan berangsur kembali pulih.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com