F1 News

My BlogCatalog BlogRank

BuckyPaper, Si Kertas Ajaib


TALLAHASSEE - Baru-baru ini telah diperkenalkan sebuah kertas yang diberi nama buckypaper, kertas yang nampak seperti kertas karbon pada umumnya. Namun, jangan tertipu dengan namanya yang lucu atau tampilan uniknya, karena ternyata buckypaper memiliki banyak keistimewaan. Kertas tersebut ternyata menjadi terobosan baru dalam pembuatan semua benda mulai dari pesawat sampai TV.

Buckpaper yang terlihat 10 kali lebih kecil ini, ternyata mempunyai kekuatan 500 kali lebih besar daripada besi. Kertas ini memiliki bahan dasar, yang terbuat dari komposisi material konvensional, serta menghantarkan listrik seperti tembaga atau silicon, dan tahan panas seperti besi.

"Kertas buckypaper ini, nantinya akan dipakai untuk kemudahan dalam bekerja," Ucap Wade Adam, Ilmuwan asal Universitas Rice.

Ide ini sendiri dikembangkan di Universitas Florida. Buckypaper dibuat dari kotak karbon yang dibentuk oleh molekul yang 50.000 kali lebih tipis dari sehelai rambut manusia. Dari bahan unik tersebut, kertas tersebut cocok sebagai bahan material untuk lampu, bahan baku pesawat dan mobil, komputer yang lebih kuat, layar TV dan produk-produk lainnya.

Sejauh ini, nampaknya buckypaper hanya diproduksi untuk pasar terbatas saja, mengingat kertas ini yang masih terus dikembangkan, terlebih lagi harganya yang sangat mahal. Karena, jika berhasil, kertas ini bisa menjadi komposisi material terbaik yang dimiliki.

"Jika ini diproduksi dalam jumlah yang banyak, ini menjadi revolusi di bidang teknologi bisnis penerbangan," ungkap Les Kramer, ilmuwan dari Universitas Florida, seperti yang disitat dari Associated Press, Senin (20/10/2008).





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com