F1 News

My BlogCatalog BlogRank

BMG: Matahari Bisa Bersinar 36 Jam Lebih


PONTIANAK - Beberapa hari belakangan di berbagai Internet, terdengar informasi yang mengatakan bahwa pada hari Jumat (17/10) nanti, Matahari akan bersinar di Indonesia selama 36 jam, yang berarti Indonesia, akan mengalami siang hari selama 2 hari berturut-turut.

Namun, saat dikonfirmasi ke Badan Metreologi dan Geofisika (BMG), pihak BMG dengan tegas membantah kabar tersebut, dan mengatakan bahwa itu bukan pernyataan dari BMG sendiri.

"Kabar mengenai matahari yang akan bersinar selama 36 jam bukan merupakan pernyataan dari BMG. Dalam konteks ilmu, hal itu tidak akan pernah terjadi di Indonesia," ujar Soetanto, Kepala Sub Dinas Informasi Iklim, Agro Klimat dan Iklim udara, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), saat di hubungi Dwi Pratama melalui selulernya, Kamis (16/10/2008).

Menurut Soetanto, fenomena matahari bersinar bisa saja terjadi tapi di negara yang letak equatornya dekat dengan matahari, seperti kutub selatan.

"Di kutub selatan, Matahari berjarak 23 setengah derajat LU dan LS sehingga sangat memungkinkan matahari bersinar lebih lama, bahkan bisa sampai lebih dari 3 hari," paparnya.

Sedangkan di Indonesia, lanjutnya, letak posisi equatornya dengan matahari berjarak 12 jam. Ini berarti Indonesia akan disinari oleh matahari, paling lama selama 12 jam saja. Semakin jauh letak equator dengan matahari maka semakin sebentar pula daerah tersebut di sinari oleh matahari.

"Jarak equator antara Indonesia dengan matahari itu 12 jam. Jadi tidak mungkinlah negara kita disinari lebih dari 12 jam," ujarnya.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com