F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Vitamin B12 Mampu Cegah Otak Rusak di Waktu Tua

SAN FRANSISCO - Otak menjadi inti kehidupan bagi kelangsungan makhluk hidup. Hasil penelitian dari neurologis memperkirakan vitamin B12 yang bisa didapat dari daging, ikan, dan susu, bisa melindungi volume otak dari kerusakan karena faktor umur.

Penelitian teranyar menemukan bahwa orang yang berkadar B12 tinggi memiliki kemampuan enam kali lebih aman dari resiko penyusutan otak dibanding mereka yang berkadar vitamin B12 lebih rendah dalam darah. Tidak ada satupun dari responden penelitian ini yang kekurangan B12.

Penelitian ini dilakukan terhadap 107 responden dengan batas umur antara 61 hingga 87 tahun melalui pemindaian otak, pengujian daya ingat, serta uji fisik. Selain itu peneliti mengambil sampel darah untuk menguji tingkat vitamin B12 dalam darah dan mengulang pengecekan otak serta pengujian daya ingat 5 tahun kemudian setelah pemeriksaan terakhir.

"Sebenarnya banyak faktor yang sering tak terpikirkan bisa merusak otak. Penelitian ini bisa menjadi sebuah saran sederhana untuk mulai lebih banyak mengonsumsi B12 dengan asupan daging, ikan, sereal, atau susu sehingga bisa mencegah penyusutan otak dan menjaga daya ingat," papar seorang pengarang yang melakukan penelitian dengan University of Oxford di Inggris Anna Vogiatzoglou , dari keterangannya yang dikutip dari Scince Daily Jumat (12/9/2008).

"Penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya asupan vitamin B12 bisa menjadi gangguan kesehatan publik, terutama bagi para lansia. Tanpa adanya penelitian ini, tidak akan pernah diketahui bahwa suplemen vitamin B12 sebenarnya bisa membuat perubahan untuk masalah penyusutan otak," tambahnya.

Namun ternyata penelitian ini tidak menjamin penuh akan bisa berefek sama pada ingatan bila penderita atau pasien bersugesti mengasup vitamin B12 untuk mengembalikan daya ingat.

Sebagai informasi, penelitian ini merupakan bagian dari proyek University of Oxford untuk menyelidiki kaitan daya ingat dan umur dengan didukung dan ditindak serius oleh banyak institusi kesehatan internasional besar seperti UK Alzheimer's Research Trust, The Medical Research Council, The Charles Wolfson Charitable Trust, The Norwegian Foundation for Health and Rehabilitation through the Norwegian Health Association, Axis-Shield plc, dan the Johan Throne Holst Foundation for Nutrition Research.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com