F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Jubah Tembus Pandang Harry Potter Akan Menjadi Kenyataan


LONDON - Jubah tembus pandang yang kerap kali digunakan Harry Potter tampaknya bukan lagi sekadar khayalan. Para ilmuwan mengklaim mereka bisa menghadirkan jubah ajaib tesebut menjadi kenyataan dalam lima tahun ke depan.

Janji yang dikemukakan ilmuwan tersebut ternilai kemajuan radikal dalam teknologi optik. Hal ini mengisyaratkan bahwa tak lama lagi mereka bisa mengarahkan cahaya ke sebuah obyek benda sehingga membuatnya tak terlihat.

Untuk mewujudkan misi ini, para peneliti yang berasal dari Purdue University menggunakan nanoteknologi versi baru yang superkecil dan metamaterial yang dikombinasikan dengan prinsip matematika milik Einstein.

"Salah satu aplikasi yang paling menarik dalam kasus ini adalah jubah elektromagnetik yang kami ciptakan bisa membelokkan cahaya di sekitar benda itu sendiri, mirip dengan cara kerja aliran air yang mengitari sebuah batu, sehingga membuatnya jubah dan benda di balik jubah tersebur seakan-akan menghilang tak terlihat," papar pemimpin dalam penelitian ini Profesor Vladminr Shalaev, seperti dilansir dari Telegraph, Sabtu (18/10/2008).

Dalam penelitian yang terus dikembangkan ini, desain teoritis yang diberdayakan tim peneliti layaknya susunan jarum super mungil yang menyebar keluar dari jari-jari tengah sebuah gelas, persis seperti bentuk sikat rambut berbentuk bulat, dan pada akhirnya akan membelokkan cahaya di sekitar objek. Jarum yang dimaksud dalam peneiltian ini sangat kecil sehingga bisa mereduksi pembiasan atau distorsi cahaya hingga ke level nol yang mampu menghasilkan efek menghilang untuk setiap benda yang ada di balik jubah.

Penelitian ini dibiayai penuh oleh US Army Research Office karena pada nantinya hasil penelitian ini akan digunakan untuk kepentingan militer, seperti menghilangkan mobil tank, gedung, bahkan prajurit. Proyek penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian yang sebelumnya dilakukan oleh Sir John Pendry dari Imperial College, London yang menguraikan bagaimana metamaterial bisa dikonstruksi untuk menghilangkan objek dengan cara membelokkan cahaya.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com