F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Polusi Suara Ganggu Komunikasi Satwa Laut



LONDON - Polusi suara yang dihasilkan aktivitas di lautan menggangu kehidupan satwa laut, khususnya ikan paus dan mamalia laut lain. Polusi suara dihasilkan dari suara bising mesin dan baling-baling kapal laut, serta peralatan eksplorasi minyak dan gas lepas pantai.

Lembaga internasional The International Fund for Animal Welfare (IFAW) menyatakan, suara yang dihasilkan aktivitas manusia di laut akan mengganggu komunikasi satwa. Frekuensi yang dihasilkan dari polusi suara di laut membuat paus kesulitan mencari makanan. Kondisi itu mengakibatkan kehidupan satwa laut menjadi terancam.

"Ketika tak seorang pun mengerti konsekuensi polusi udara, setidaknya kami berupaya mencegah kerugian yang disebabkan polusi suara sebelum terlambat," kata direktur IFAW, Robbie Marsland, dikutip dari FoxNews, Selasa (16/9/2008).

Laporan tersebut juga menunjukkan energi yang dihasilkan dari sistem sound navigation and ranging (Sonar) yang digunakan militer juga mengancam kehidupan bawah laut. Sonar merupakan sistem gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi dan menetapkan lokasi obyek di bawah laut atau untuk mengukur jarak bawah laut.

Cara kerja perlengkapan sonar adalah dengan mengirim gelombang suara bawah permukaan dan kemudian menunggu untuk gelombang pantulan (echo). Data suara dipancar ulang ke operator melalui pengeras suara atau ditayangkan pada monitor.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com