F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Menanti Tentara Robot Berbentuk Binatang


BOSTON - Jutaan pengguna internet Amerika Serikat dikejutkan dengan video demo sebuah robot yang sedang berlari, memanjat tebing dengan membawa beban yang berat.

Dalam laporan Daily Mail, Selasa (9/9/2008), Robot yang diberi nama, BigDog ini memang dirancang untuk menjadi anggota pasukan militer karena fungsinya yang didesain khusus untuk kebutuhan militer.

Robot yang digerakan dengan remote-control itu di desain khusus oleh Boston Dynamic untuk membantu militer Amerika serikat. Robot itu menggunakan mesin dengan hidrolik system. Pada ujicoba pertamanya, BigDog mampu berjalan dengan kecepatan 4 meter per jam (mph), dan mendaki tebing 35 derajat dengan membawa beban 340 kilo. Tak hanya itu, Robot tersebut juga mampu memutar posisinya selama 500 kali per detik.

Big Dog memiliki sensor komputer yang membuatnya berjalan seimbang, dan melakukan navigasi. Sedangkan sensor lainnya berfokus pada fungsi internal robot, dan memonitoring tekanan hidrolik, temperature oli, mesin, dan baterai.

Model yang ditampilkan saat ini, merupakan model konvensional yang menggunakan remote control. Para ilmuwan akan mengembangkan BigDog dengan menambahkan sensor yang dapat membuat robot itu bergerak lebih lentur.

Proyek Robot tersebut dibiayai sepenuhnya oleh US Defense Advance Research Projects Agency untuk kepentingan militer. Hingga saat ini video BigDog telah dilihat 6 juta orang di YouTube.

ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com