F1 News

My BlogCatalog BlogRank

MB SLR McLaren Roadster 722 S, 150 Unit Saja


STUTTGART, SELASA. Mercedes-Benz (MB) meluncurkan roadster versi terbarunya - hasil kolaborasi dengan McLaren - yaitu SLR McLaren Roadster 722. Cukup menarik, tambahan nama baru, yaitu 722 adalah untuk mengingatkan kembali pengemar balap atau pencinta MB pada 1955.

Waktu itu, di balapan jarak jauh klasik Mille Miglia, pembalap legendaris dari Inggris, Stirling Moss dengan “co-driver”-nya Denis Jenkison memenangkan balapan bersama Mercedes-Benz 300 SLR bernomor start 722. Menurut MB, dengan menggunakan nomor start tersebut, diharapkan roadster ini bisa melanjutkan keberhasilan SLR yang mulai dibuat pada 1950.

Istimewa
Bagi MB, roadster ini sangat istimewa. Pasalnya hanya diproduksi terbatas, 150 unit. Sebagian besar penggerjaan mobil ini dilakukan dengan tangan di markas McLaren Formlua-1, Woking, Inggris. Rencananya, dipasarkan awal Januari 2009.

Disebutkan, mobil ini akan menjadi salah mobil sport kelas atas terbaik, terutama dari segi penampilan dan performa. Untuk ini, MB menggunakan mesin V8, 5.500 cc, supercharger yang dibangun di bengkel khusus Mercedes-Benz, AMG di Affalterbach. Tenaga yang mampu dikerahkan mesin mencapai 478 kW atau 650 PS plus torsi 850 Nm. Untuk akselerasi, 0 – 100 km/jam dicapai dalam 3,7 detik dan 0- 200 km/jam dalm hitungan 10,6 detik. Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai 335 km/jam.

Kabriolet dua penumpang ini, menggunakan atap yang bisa dilipat (soft top). Atap dibuat dari karbon dengan tujuan untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih baik. Dengan bertambahnya tenaga mesin, suspensi dan aerodinamis juga disesuaikan lagi sehingga menjadikan mobil semakin mantap dikebut, termasuk untuk pemakaian sehari-hari.


Untuk transmisi digunakan otomatik 5 tingkat percepatan dan dirancang khusus untuk torsi tinggi. Konfigurasi pegas dan peredam kejut dari suspensi diset lebih kaku dan bodi direndahkan 10 mm pada bagian depan dan belakang.

Dengan cara tersebut, stabilitas dan pengendalian makin oke. Kemampuan tersebut juga diperoleh berkat pemakaian pelek aluminium 19 inci dengan kaliper rem yang dicat merah untuk memberi kesan dinamis. Piringan rem yang dibuat dari serat karbon dan keramik untuk menghasilkan cengkeraman yang kuat dan pasti saat mobil direm dari kecepatan tinggi.

Atap mobil ini membuka dan menutup secara semi-otomatis dalam waktu 10 detik. Bagian depan dari atap dibuat dari aluminium. Tujuannya untuk mencegah efek “balloning” saat mobil lemluncur pada kecepatan tinggi.

Aerodinamika & Pengaman
Efek aerodinamika juga diperoleh secara khusus melalui kolong mobil berupa difuser di bumper belakang. Dengan ini, daya “cengkeram” atau downforce yang bekerja pada mobil saat membelok bertambah besar. Juga ada “airspilitter” di bagian depan untuk menambah downforce. Tak lupa ditambahkan spoiler kecil untuk mengurangi turbolensi pada aksel belakang.

Bodi mobil ini dibuat dari CFRP atau serat karbon yang dikembangkan untuk mobil dengan konstruksi monokok. Hasilnya bobot mobil menjadi ringan, penyerapan energi yang tinggi karena itu pula dinilai lebih aman bagi penumpang dan pengemudinya.

Untuk keamanan, selain menggunakan struktur serat karbon, pilar A diperkuat dengan baja. Pengaman lainnya adalah kantong udara adaptif di tumit, samping, sabuk pengaman dan sistem pemantau tekanan ban.

Interior
Di interior, dipasang jok model buket khusus sport dengan lapisan kulit Alcantara. Huruf embos 722 S ditoreh pada penahan kepala dan sabuk pengaman merah. Tempat tuas pemindah gigi dan rem parkir diberi garis merah. Alat kontrol tersebut dilapisi kulit “suede” yang dapat menyerap embun sehingga bisa dipegang dengan kuat.

Perlengkapan interior lainnya, AC dengan kontrol suhu otomotis plus sound system BOSE, setir sport serbaguna yang dilengkapi dengan “paddle” pemindah gigi, sistem navigasi dengan CD palyer dan radio. Jadi lengkap sudahlah pengalaman mereka yang suka mengadu nyalinya di jalan bebas hambatan dengan roadster ini.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com