F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Kenalkan Sains Pada Anak Lewat Buku Cerita

LONDON - Ilmu pengetahuan tak lagi semata teritori orang dewasa, namun juga sudah menjadi ranah anak-anak. Paling tidak itulah yang bisa dilihat dari keluarnya buku bertarget anak-anak berjudul Icarus at the Edge of Time.

Ahli fisika Brian Greene, yang biasanya menulis buku tentang teori deret dan hal lain, yang orang dewasa pun tak bisa mengerti, kali ini mencoba hal baru dengan menulis buku untuk anak-anak. Bukunya kali ini mengangkat tentang Black Hole.

Ia berharap idenya kali ini bisa membuat ilmu pengetahuan selangkah lebih dekat dengan dunia anak-anak. Idenya membuat buku sains tergerak dari antusiasme para bocah menonton film Star Wars.

Buku anak-anak pertamanya, Icarus at the Edge of Time, merupakan hasil imajinasi ulang dari mitos Yunani tentang seorang bocah laki-laki yang terbang dengan sayapnya yang besar namun terlalu dekat dengan matahari. Dalam buku hasil karyanya, Greene memperbaharui kisahnya dengan menambahkan detil tentang Black Hole, pesawat luar angkasa, dan perumpamaan keadaan luar angkasa melalui teleskop Hubble.

Buku dongeng sebelum tidur ini dikemas dalam 34 halaman dan suku kata yang tak lebih dari 200 buah agar anak-anak yang membaca atau mendengar ceritanya lewat dongengan orangtua tidak bosan.

Sebelum menulis buku anak-anak, Greene sudah terlebih dulu mengembangkan penelitian fisika teorititisnya untuk fokus pada pemahaman publik terhadap sains melalui buku-bukunya dan menyelenggarakan Festival Sains Dunia. Semua itu Greene lakukan karena ia merasa miris dengan antusiasme anak-anak sekarang yang lebih tertarik dengan film dan video game ketimbang belajar sains dari buku atau peralatan elektronik.

"Ilmu pengetahuan di abad 21 ini berkompetisi� dengan banyak jenis gangguan. Namun dengan cara yang tepat dan menarik Kita masih bisa mengenalkan seputar Black Hole, dimensi ekstra, dan bahkan Large Hadron Collider kepada anak-anak tanpa membuat mereka kebosanan," papar ilmuwan dari Columbia University ini dalam keterangannya yang dikutip dari MSNBC, Jumat (5/9/2008).

ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com