F1 News

My BlogCatalog BlogRank

Robot Pembantu Rumah Tangga ala Toyota


TOKYO - Mimpi memiliki pembantu robot nampaknya segera terealisasi. Toyota Motor Corp bekerjasama dengan Universitas Tokyo baru-baru ini mendemonstrasikan robot humanoid yang dapat melakukan pekerjaan rumah tangga.

Seperti diberitakan Japan Times, Senin (27/10/2008), dalam demo akhir pekan lalu, robot tersebut mampu membersihkan ruangan, mengambil dan meletakkan makanan di atas meja, serta membawa pakaian kotor dan memasukkannya ke dalam mesin cuci. Robot juga dapat membedakan obyek yang dihadapinya, seperti furniture, alat-alat pembersih, dan lainnya.


Hebatnya robot dengan tinggi 155 cm dan bobot 130 kg tersebut juga dapat menganalisa pekerjaannya yang telah dilakukan. Sehingga jika ada kesalahan dalam menunaikan tugas, dia dapat memperbaikinya di pekerjaan selanjutnya. Sehingga robot tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Pihak Toyota dan Information and Robot Technology Research Initiative Tokyo University menyatakan, robot ini didesain untuk membantu meringankan tugas-tugas rumah tangga, terutama kalangan lanjut usia dan catat fisik.

Kedua pihak juga menyatakan, pengembangan masih terus dilakukan untuk menambah pekerjaan yang dapat dilakukan robot. Mereka memprediksikan, robot ini bisa mulai dipasarkan dalam tujuh tahun ke depan.

Robot dilengkapi dengan lima kamera serta sensor yang menggunakan laser di kedua kaki untuk membantu berjalan dan menghindari rintangan.





ENGLISH VERSION

Berlangganan Berita:



Enter your Email






Preview | Powered by FeedBlitz

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

Hujan Kali Ini

View blog reactions Your Site Title There are currently : visitors online. Powered by Online Count.

Senandung Kala Hujan

Free Devil ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com